Sebagai seorang wanita itu menjaga dan merawat organ intim dan daerah kewanitaan itu adalah hal yang wajib. Wanita mungkin sering melakukan perawatan wajah dan tubuh. Tapi sering kali cara merawat daerah kewanitaan itu asal- asalan saja. Padahal organ intim itu sangat penting sebab merupakan organ reproduksi.

Bila daerah kewanitaan tidak dirawat dengan baik, maka nantinya bisa muncul bakteri yang bisa menyebabkan bau tak sedap dan akibatnya bisa terkena penyakit seksual. Cara merawat daerah kewanitaan memang tak bisa dilakukan asal- asalan. Sebab jika tak dilakukan secara tepat malah bisa membuat pH organ intim menjadi tidak seimbang dan akhirnya ini bisa membuat bakteri yang berbahaya timbul.

5 Cara Merawat Daerah Kewanitaan Yang Wajib Kamu Ketahui

Inilah 5 Cara Merawat Daerah Kewanitaan Dengan Benar

Di bawah ini akan kami sampaikan berbagai cara merawat daerah kewanitaan agar tetap bersih dan sehat. Anda bisa melakukan cara yang akan kami sampaikan di bawah ini.

1. Membersihkan atau Mencuci Vagina dengan Benar

Sebaiknya saat membersihkan vagina anda menghindari penggunaan sabun wangi, gel dan juga antiseptik sebab ini bisa mempengaruhi keseimbangan yang sehat dari bakteri dan tingkat pH di dalam vagina yang akan menyebabkan iritasi.

Pakai saja sabun polos tanpa pewangi untuk anda gunakan saat mencuci daerah kewanitaan anda. Vagina akan membersihkan dirinya sendiri dengan menggunakan cairan vagina alami.Setiap wanita memang berbeda mungkin ada beberapa yang tidak mendapatkan masalah jika mencuci vagina dengan sabun yang wangi. Namun ketika wanita punyagejala vulva atau iritasi, maka hal pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah hal itu terjadi adalah menggunakan sabun yang non-alergi.

2. Jangan Semprotkan Air dari Selang Langsung ke Vagina

Saat anda sedang membilas bagian organ intim anda, maka jangan langsung begitu saja mengarahkan selang atau air ke arah vagina anda. Arahkan ke bagian depan vagina supaya air bisa turun ke bawah sehingga bakteri nantinya tidak mudah masuk ke bagian vagina anda.

3. Gunakan celana dalam berbahan katun

Pilihlah celana dalam dengan bahan katun untuk melindungi daerah V. Mungkin Anda menyadari bahwa sebagian besar celana dalam dilengkapi dengan strip tipis kain katun pada bagian selangkangan. Menurut Mary Jane Minkin, M.D., seorang profesor klinis kebidanan, ginekologi, dan ilmu reproduksi di Yale University, bahan katun adalah bahan yang ideal untuk pakaian dalam wanita, karena katun dapat menyerap kelembapan dan memungkinkan kulit untuk bernapas.

4. Jaga kebersihan vagina dengan baik

Setelah buang air besar, bersihkan area dari depan ke belakang, bukan dari belakang ke depan, untuk menghindari kontaminasi bakteri vagina dan menurunkan risiko infeksi kandung kemih. Ganti pembalut atau tampon secara teratur selama menstruasi. Sebaiknya jangan pakai panty liner atau pembalut denganĀ  menyerap keputihan normal saat sedang tidak haid. Sebab ini akan menjadikan vagina lembap dan infeksi jamur akan lebih mudah.

5. Vaksin HPV

Vaksin ini untuk melindungi kamu dari kanker serviks yang disebabkan oleh virus HPV. Perlu diketahui bahwa virus HPV tidak hanya dari melalui hubungan seksual, namun dari dudukan toilet yang kotor. Vaksinasi ini dapat diberikan sedari umur 9-24 tahun dan dapat berhasil mencegah kanker serviks hingga 100%.

Nah, itulah 5 cara merawat daerah kewanitaan baik bagian luar dan juga bagian dalam. Semoga dengan informasi yang kami bagikan ini bisa menambah pengetahuan anda dalam hal merawat organ intim kewanitaan anda dengan benar.