Kesehatan harus selalu kita jaga di dalam setiap harinya, baik itu untuk kesehatan kulit maupun kesehatan tubuh. Untuk kesehatan kulit ini memang sangat memerlukan perhatian khusus. Sebab kulit merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang sangat penting dan juga sangat sensitive. Bagian ini dikatakan sensitive sebab kulit itu langsung berpapasan dengan dunia luar. Jika dilihat dari segi manfaatnya pastinya untuk kulit manusia ini mempunyai bermacam-macam manfaat.

Manfaat kulit diantaranya untuk melindungi tubuh dari berbagai macam jenis penyakit. Selain itu kulit juga dapat digunakan untuk mengatur suhu tubuh kita. Oleh sebab itu, penting sekali untuk supaya bisa selalu menjaga kesehatan kulit setiap harinya. Jangan pernah mengabaikan kesehatan dan kecantikan kulit anda. Sebab kulit cukup mudah terserang penyakit apabila tidak dirawat dengan sebaik mungkin.

Jenis Penyakit Gatal Pada Kulit

Sebenarnya ada beberapa jenis penyakit gatal pada kulit. Dan semua penyakit tersebut jika tidak segera diatasi maka bisa merusak kulit anda. Oleh sebab itu jika sudah terkena penykit kulit, segera obati. Berikut ini jenis penyakit gatal pada kulit dan cara mengobatinya.

Panu

Panu merupakan jenis penyakit gatal pada kulit yang sering dijumpai di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Penyakit yang menyerang permukaan kulit luar ini merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Penyebab penyakit kulit panu ini yaitu karena jamur malassezia furfur atau pityrosporum ovale. Jamur yang mengakibatkan penyakit kulit panu ini muncul dapat disebabkan kebersihan diri yang kurang terjaga. Bisa juga melalui penularan dari orang lain. Meskipun dapat terkena kulit mana saja, panu umumnya paling sering muncul di punggung, dada, leher, serta di lengan atas.

Frambusia

Frambusia yaitu jenis penyakit kulit yang kadang dinamakan dengan patek. Patek merupakan jenis penyakit kulit yang diakibatkan oleh bakteri yang menular lewat kontak langsung. Penyakit ini juga sering dijumpai khususnya di wilayah timur Indonesia. Jenis penyakit gatal pada kulit ini termasuk infeksi kronis yang menyerang pada bagian kulit. Selain itu juga bisa menyerang tulang rawan. Penyebabnya yaitu bakteri treponema pallidum, yang ternyata juga termasuk penyebab sipilis. Jika anda terserang penyakit ini segeralah cari obatnya.

Kudis

Kudis juga termasuk infeksi pada kulit yang muncul karena tungau. Yaitu berupa serangga kecil dari keluarga laba-laba. Jika kita kontak langsung dengan penderita, maka tungau tersebut bisa berpindah. Tungau juga hisa hidup hanya beberapa hari pada tubuh dan tidak bisa loncat maupun terbang. Tanda-tanda dari penyakit gatal pada kulit ini adalah munculnya ruam dan sangat gatal, umumnya dirasakan pada malam hari. Untuk penderita usia anak-anak, umumnya ruam muncul di kepala, leher, telapak tangan, telapak kaki, serta muncul di antara jari.

Pengobatan Penyakit Gatal Pada Kulit

Senaiknya anda untuk melindungi kebersihan lingkungan tempat tinggal. Sebab tempat tinggal merupakan tempat untuk berlindung dari terjadinya kemelut dalam sehari hari. Walaupun sekian, tempat tinggal memanglah tak bisa menanggung jika dapat bebas dari alergi. Alergen bisa dijumpai di rumah kita sendiri. .

Atur suhu ruang agar bisa selalu terjaga dengan suhu pada 18 derajat hingga 20 derajat celcius. Hal ini dilakukan supaya bisa menghindar terjadinya penambahan pada jumlah kutu pada buku. Uuntuk mengatasi masalah alergi kulit dengan cara alami dengan bersihkan lingkungan tempat tinggal. Caranya dengan menggunakan cat tembok yang anti jamur dan juga dengan pemakaian obat kulit alergi. Hindarilah pemakaian karpet atau lantai kayu atau keramik dengan menggunakan keramik yang kulitasnya terbaik.