Tomat memang sudah tidak asing lagi dengan tampilannya khas warna merah menyala. Buah tomat sendiri dapat dimakan langsung atau ditambahkan pada aneka makanan sehingga menambah selera makan. Tomat merupakan salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi untuk kesehatan tubuh. Rasanya yang asam sering digunakan sebagai menambah kelezatan jenis makanan. Banyak berbagai manfaat buah tomat untuk kesehatan tubuh kita.

Tomat yang telah diketahui mengandung jenis senyawa antioksidan yang kuat yaitu lycopene dalam jumlah yang cukup tinggi. Lycopene merupakan sebuah zat yang dapat memberikan warna merah pada buah tersebut. Tomat juga mengandung jenis senyawa asam lipoic yang dapat mengontrol glukosa dalam darah, meningkatkan vasodilatasi, menjaga jaringan otak dan saraf.

Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan

Dibalik kesederhanaannya, sebenarnya buah ini mempunyai beberapa manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh.

Membantu Tulang Tetap Kuat

Vitamin K dan Kalsium yang ada didalam buah tomat sangat bermanfaat untuk memperkuat serta memperbaiki tulang, sehingga dapat mencegah penyakit osteoporosis. Sumber vitami K pada buah tomat dapat mencegah mengeroposnya tulang.

Menurut para peneliti, penyerapan lycopene yang paling maksimal yaitu pada saat tomat dimasak dengan minyak zaitun.

Melancarkan dan Menyehatkan Pencernakan

Tomat mempunyai banyak serat yang sangat diperlukan bagi tubuh anda, utamanya pada bagian organ pencernakan. Serat yang dapat digunakan memperlancar dan menyehatkan sistem pencernaan.

Mengonsumsi buah tomat secara teratur dapat melancarkan sistem pencernaan. Tomat dapat mencegah terjadinya penyakit sembelit atau susah buang air besar.

Dengan mengonsumsi buah tomat, maka diharapakan masalah pada pencernaan dapat teratasi.

Menjaga Kesehatan Kulit

Buah tomat menjadi salah satu sumber likopen yang sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan pada jaringan kulit yang diakibatkan oleh sinar matahari. Kandungan yang ada dalam buah ini membuat kulit napak sehat dan indah. Selain itu, juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari berbagai kerusakan akibat sinar matahari.

Pencegahan Kanker

Buah tomat dapat dikatakan sebagai pelawan kanker secara alami. Likopen yang terdapat dalam buah tomat dapat bermanfaat untuk mengurangi beberapa resiko terkena kanker.

Buah tomat juga mengandung berbagai vitamin yaitu vitamin A dan C, yang dapat membantu melawan radikal bebas yang merupakan penyebab kerusakan pada sel. Kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada buah tomat akan membantu mengurangi resiko terjadinya penyakit kanker.

Dengan rajin mengonsumsi buah tomat, sangat penting agar terhindar dari resiko kanker yang mematikan. Untuk itu konsumsilah buah tomat karena terdapat banyak manfaat.

Mencegah Diabetes

Buah tomat juga mengandung kromium yang dapat bermanfaat bagi keseimbangan kadar gula dalam darah. Tomat menjadi salah satu sumber untuk mengatur gula darah dalam tubuh kita.

Mengontrol gula darah merupakan hal yang penting. Untuk penderita diabetes, kadar glukosa yang sehat dapat diperoleh dengan menerapkan sistem diet. Selain itu beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu rutin olahraga dan mengindari stres.

Kandungan karbohidrat yang cukup rendah akan membuat tomat mampu mengontrol kadar gula darah serta menjada asupan kalori. Selain itu, juga dapat menurunkan berat badan.

Tomat kaya akan antioksidan dan dapat membantu mengembalikan keseimbangan tubuh. Zat tersebut dapat bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit komblikasi terkait dengan diabetes dewasa.

Kandungan berbagai nutrisi dalam buah tomat dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit, dapat mencegah kerusakan oksigen dalam lemak dan aliran darah atau membran sel. Antioksidan tersebut juga dapat meningkatkan fungsi enzim sehingga dapat melindungi tubuh.