Sekarang ini adalah era dimana sudah banyak orang yang mulai menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Disamping melakukan program diet dan juga olahraga secara teratur, berbagai jenis terapi tradisional juga sudah banyak dijadikan alternatif. Salah satunya dengan mengambil manfaat daun salam bagi kesehatan tubuh.

Di negara kita Indonesia ini ada banyak jenis tanaman dan juga rempah- rempah yang dapat digunakan sebagai pengobatan. Walaupun memang penggunaannya masih menjadi perdebatan dari segi medis, namun terapi menggunakan rempah bukan sepenuhnya harus anda hindari.

Rahasia Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan Tubuh

Daftar Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

Selama ini mungkin yang kita tahu daun salam hanya sebagai rempah atau bumbu masakan saja. Tapi ternyata manfaat daun salam bagi kesehatan itu sangat luar biasa. Hal ini karena tak lepas dari berbagai kandungan yang ada di dalamnya.

Selain untuk menambah cita rasa dalam masakan, daun salam juga memiliki khasiat istimewa lainnya. Yakni sering kali dijadikan sebagai obat tradisional untuk mencegah sekaligus menyembuhkan beragam jenis penyakit didalam tubuh. Kandungan vitamin serta mineral yang terkandung didalamnya menjadi alasan mengapa daun salam baik bagi kesehatan.

1. Membantu mengatasi asam urat

Salah satu khasiat daun salam yang paling terkenal adalah dapat dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi asam urat. Asam urat sendiri muncul pada saat zat purin yang terkandung dalam tubuh bertumpuk secara berlebih. Adapun untuk menyajikan ramuan dari daun salam untuk asam urat, anda bisa melakukan beberapa langkah berikut.

  • Masukan daun salam ke air sebanyak 10 gelas.
  • Rebuslah air berisi daun salam tersebut hingga mendidih dan hanya tersisa setengah dari jumlah kadar air sebelumnya.
  • Setelah dingin, anda bisa mengonsumsi air rebusan daun salam ini sebanyak 2 kali dalam sehari.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sebuah penelitian mampu membuktikan khasiat penurunan tekanan darah karena konsumsi daun salam. Khasiat tersebut dapat muncul disebabkan oleh adanya hambatan pada aktivitas enzim dan mampu menimbulkan efek penurunan detak jantung atau bradikardia. Kecepatan detak jantung erat kaitannya dengan tekanan darah. Oleh karena itu, daun salam dapat digunakan dalam pengobatan hipertensi.

3. Membantu mencegah kanker

Daun salam juga mengandung senyawa berupa caffeic, euganol, catechin dan juga quercetin, yang mana kesemuanya diketahui dapat melawan tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh manusia. Kandungan daun salam bisa melindungi diri dari tumbuhnya sel kanker yang ada. Daun salam juga mengandung phytonutrient yang mana disebut sebagai parthenolide yang telah terbukti ampuh dalam menahan ploferasi terhadap sel kanker serviks.

4. Menangkal Racun dan Radikal Bebas

Daun salam yang dikenal dengan nama latin Syzygium polyanthum ini ternyata mengandung berbagai senyawa antioksidan. Penelitian membuktikannya dengan pengujian langsung terhadap senyawa-senyawa radikal bebas. Daun salam terbukti mampu bereaksi dengan radikal bebas dan melindungi sel tubuh agar tidak mengalami reaksi berbahaya dengan senyawa radikal bebas tersebut.

5. Mengobati penyakit ginjal

Secara ilmiah, daun salam juga telah terbukti mampu mengatasi masalah infeksi pada penyakit ginjal dan juga batu ginjal. Adapun untuk penyajiannya, anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Rebus beberapa lembar daun salam yang telah dibersihkan menggunakan 200 ml air.
  • Rebus hingga air mendidih atau sampai tersisa kurang lebih 50 ml.
  • Pisahkan air dengan daun salam, dan minum ramuan ini secara rutin sebanyak 2 kali dalam sehari untuk hasil yang maksimal.

Nah, itulah 5 manfaat daun salam bagi kesehatan tubuh yang bisa anda coba terapkan untuk mengatasi beberapa penyakit seperti diatas. Semoga ini bisa bermanfaat untuk anda.