Penyakit gula atau yang dikenal dengan istilah diabetes ini memang ciri- ciri awalnya tidak terlihat seperti sebuah gejala penyakit berat. Oleh karena itu kadang masyarakat kadang menyepelekannya dan akhirnya tidak segera ditangani. Sebenarnya mengetahui penyebab penyakit gula sedini mungkin itu penting supaya kita bisa melakukan pencegahan.

Mungkin memang ada baiknya Anda periksa ke dokter untuk mengetahui apa penyebab penyakitnya dan jenis penyakitnya. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari hal-hal buruk yang tentunya sangat tidak Anda inginkan. Seperti seseorang sebenarnya sudah menderita penyakit gula sejak lama. Namun penyakit tersebut baru diketahui setelah sekian lama karena munculnya penyakit lain.

Ketahui Penyebab Penyakit Gula Sedini Mungkin Untuk Antisipasi

6 Hal Penyebab Penyakit Gula

Sebenarnya yang menjadi penyebab penyakit gula adalah karena tubuh kehilangan kemampuannya untuk memproduksi insulin sehingga peningkatan kadar gula dalam darah tidak dapat dihindari. Penyakit gula atau diabetes merupakan penyakit yang muncul akibat kebiasaan dan gaya hidup yang kurang menjaga kesehatan sehingga menyebabkan organ pankreas mengalami kemunduran fungsi yaitu tidak bisa lagi memproduksi hormon insulin secara normal.

1. Kadar kortikosteroid meningkat tajam

Hormon senyawa regulator sistem hmeustasis tubuh akhirnya tak dapat membentengi diri dari serangan infeksi dan radikal bebas karena peningkatan kadar kortikosteroid yang begitu tajam. Kondisi ini menyebabkan fungsi pankreas terganggu dan menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

2. Kolesterol Tinggi

Aliran darah bisa tersumbat, karena kolesterol tinggi dalam tubuh. Selain itu juga bisa menggagalkan penghancuran kadar gula yang berlebih dalam darah. Jadi penumpukan zat gula tak bisa dihindari lagi. Kondisi ini dapat menjadi penyebab penyakit gula menimpa pada orang orang yang mempunyai kolesterol tinggi.

3. Makanan dan Minuman Manis

Kebiasaan makan dan minuman yang mengandung gula setiap hari apaklagi secara berlebihan dan merupakan kebiasaan yang sulit ditinggalkan maka akan mempercepat peningkatan kadar gula dalam darah yang bisa menyerang usia produktif. Kebiasaan ini bisa menjadi penyebab penyakit gula muncul pada usia muda yaitu antara usia 20 hingga 30 tahun.

4. Bergadang

Bahaya begadang itu harus diperhatikan, karena bisa berakibat peningkatan bobot tubuh. Selain itu yang berbahaya adalah terjadinya peningkatan kadar gula dan terserang anemia. Mengapa kadar gula bisa naik ketika seseorang sering begadang? Ketika begadang maka ada keinginan seseorang untuk terus minum minuman yang manis misalnya kopi dan susu serta keinginan kuat untuk tetap menyantap makanan yang mengandung gula atau karbohidrat.

5. Langsung Tidur Sehabis Makan

Janganlah setelah makan anda langsung tidur, sebab zat gula dari makanan yang masuk kedalam tubuh tak memperoleh ruang dan waktu yang cukup diubah jadi energi. Jadi itu akan mengendap dan menumpuk dalam darah sehingga menjadikan kadar gula naik. Semakin lama ini akan menjadi penyebab penyakit gula atau diabetes mellitus ketika usia anda masih produktif dan ini akan membahayakan anda.

6. Hipertensi

Penyakit darah tinggi adalah salah satu penyebab penyakit gula yang paling sering menimpa manusia dewasa antara usia 30 keatas. Hipertensi menyebabkan kerusakan jaringan tubuh termasuk jaringan pankreas yang bertanggung jawab memproduksi hormon insulin.

Itulah 6 penyebab penyakit gula yang sering dialami dan kebanyakan orang tidak menyadarinya. Oleh sebab itu selalu periksa kesehatan secara rutin dan jangan lupa gunakan selalu pola makan yang seimbang dan hidup sehat. Dengan begitu akan meminimalisir anda terserang penyakit yang membahayakan kesehatan tubuh anda dan membuat anda selalu bugar.