Menjalani kehamilan pada trimester pertama atau yang sering disebut dengan hamil muda, sering membawa perubahan pada tubuh yang nantinya akan memicu rasa yang tidak nyaman. Termasuk juga pada waktu sang ibu tidur. Tentunya sangat penting mengetahui posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda. Supaya tidur ibu tetap nyaman, aman dan kehamilan tetap sehat terjaga.

Mendapatkan tidur nyenyak, dapat menjadi sebuah tantangan bagi ibu hamil muda. posisi tidur yang biasanya nyaman, sekarang tak lagi bisa dirasakan. Tapi anda jangan khawatir, ada berbagai posisi tidur yang bisa membantu ibu hamil untuk mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.

Perhatikan Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda

Inilah Berbagai Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda

Banyak ibu hamil yang bertanya sebaiknya bagaimana posisi saat mereka sedang tidur? Tentunya mereka ingin mendapat tidur yang nyaman dan keamanan janin tetap terjaga. Ketika sedang hamil, maka semestinya posisi tidur sewajarnya saja agar tak beresiko untuk kondisi kandungan anda. Saat anda hamil muda ternyata tak perlu anda merasa khawatir mengenai posisi tidur. Pada trimester pertama tersebut. Tidur dengan osisi pavorit Anda masih diperbolehkan, apapun itu asal nyaman dan bisa tidur nyenyak.

Tidur Terlentang

Posisi terlentang ialah posisi yg teraman & ternyaman buat setiap orang termasuk buat perempuan yang sedang hamil. untuk para perempuan yang sedang hamil muda, posisi terlentang tersebut sungguh dianjurkan sebab dengan posisi terlentang bakal membuat kita cukup nyaman saat tidur. Sedangkan untuk kita yang kehamilannya telah memasuki umur 16 minggu atau perut telah mulai membesar, posisi tidur terlentang tersebut justru kurang disarankan. Hal ini karena ketika kita tidur terlentang, maka secara otomatis beban rahim akan terus bertumpu pada bagian belakang tubuhtermasuk pada usus dan juga vena cava inperior. Maka dari itu posisis tersebut cukup rentan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan termasuk nyeri pinggang, gangguan pencernaan & juga wasir. Bahkan posisi tidur tersebut pun dapat cukup memengaruhi tekanan darah.

Bisa Posisi Miring

Posisi tidur ibu hamil muda sungguh disarankan ialah posisi tidur dengan posisi miring. Walaupun hingga saat ini masih belum terdapat penelitian lebih lanjut yang mempelajari mengenai bagaimana posisi tidur yang tertepat saat sedang keadaan hamil, posisi miring tersebut cukup disarankan & menjadi posisi tidur yang teraman & nyaman baik buat ibu hamil & buat bayi yang terdapat di dalam kandungan.

Tidur Tengkurap

Bagi para ibu hamil muda yang mungkin ukuran perutnya belum terlalu besar, ternyata tidur dengan posisi tengkurap tersebut cukup aman. Seorang perempuan yang hamil di terimester pertama kurang nyaman tidur dalam posisi tengkurap karena bagian dada  lebih besar dan ini akan membuatnya lebih sensitif. Selain itu posisi tengkurap pun kurang sesuai & sungguh tak cocok untuk ibu hamil yang ukuran perutnya telah mulai membesar, sebab bakal menurunkan kelancaran peredaran darah antara sang ibu & janinnya & juga bakal mengakibatkan rasa mual.

Posisi Setengah Duduk

Selain itu, posisi tidur dengan kepala dan punggung atas disangga bantal akan sangat membantu ibu hamil yang mengalami nyeri ulu hati yang mengganggu. Nyeri ulu hati yang dialami ibu hamil umumnya dipicu oleh hormon progesteron yang merelaksasi otot antara lambung dan kerongkongan (esophagus) sehingga asam lambung dan makanan bisa berbalik ke esophagus kembali. Makan malam lebih dini juga dianjurkan pada ibu hamil dengan perlahan.